Kegunaan Obat Gentamicin Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

Saturday, September 3rd 2016. | Obat Modern

Yuk kita belajar tentang kandungan serta fungsi obat gentamicin untuk pengobatan infeksi beserta dosis dan efek samping yang ditimbulkan disini. Kumpulan Aneka Fungsi Atau Kegunaan Manfaat Kandungan Obat Gentamicin Injeksi Cream Ampul Salep Kulit Dan Mata Untuk Pengobatan Berbagai Jenis Infeksi Beserta Dosis Dan Efek Samping Yang Ditimbulkan

Gentamicin merupakan obat kimia yang masih termasuk dalam golongan jenis obat antibiotik dan biasanya sering digunakan dalam pengobatana infeksi akibat bakteri serta berfungsi sebagai media untuk mencegah maupun membunuh pertumbuhan bakteri penyebab infeksi tersebut. Jenis infeksi yang dapat diatasi dengan obat ini yaitu infeksi pada mata, saluran kemih, telinga, paru paru serta septikemia.

Nah bagi kalian salah satu orang yang sedang membutuhkan panduan cara menggunakan obat antibiotik ini saya sarankan sebaiknya anda baca dan pelajari saja dosis beserta efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi gentamicin. Baiklah tanpa perlu banyak kata lagi yuk kita simak saja seluruh panduan cara mengobati infeksi menggunakan obat gentamicin injeksi atau tetes yang ada dibawah sini.

Koleksi Gambar Obat Gentamicin Beserta Dosis Dan Efek Samping Yang Ditimbul

Lihat Juga: cara pemakaian obat doxycycline untuk jerawat

Peringatan Pemakaian Obat Antibiotik Gentamicin

1. Untuk wanita hamil sebaiknya menghindari pemakaian obat suntik gentamicin kecuali dianjurkan oleh dokter.
2. Sedangkan penggunaan pada wanita yang menyusui sebaiknya harus sesuai dengan anjuran dari dokter yang memberikan resep.
3. Obat gentamicin harus dihabiskan sesuai dengan resep dokter tujuannya untuk memastikan bakteri penyebab infeksi musnah.
4. Bagi pengguna obat tetes mata gentamicin sangat disarankan untuk tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat.
5. Harap diwaspadai obat tetes mata ini dapat menyebabkan pandangan menjadi samar atau seperti berkabut.
6. Bagi pengguna lensa kontak, lansia, penderita myastenia gravis, gangguan ginjal, obesitas, gangguan hati, dan gangguan telinga harap berhati hati dalam menggunakan obat ini.
7. Jika terjadi reaksi seperti alergi atau overdosis, segera hubungi dokter terdekat.

Baca Juga: aturan minum obat antibiotik cefixime yang benar

Dosis Obat Antibiotik Gentamicin

Pemberian dosis gentamicin secara umum diberikan dengan pertimbangan dari jenis infeksi, tingkat keparahannya serta riwayat kesehatan pasien. Untuk dosis gentamicin yang disuntik akan disesuaikan dengan berat badan pasien dan untuk penjelasan takaran obat suntik gentamicin pada pasien tanpa gangguan ginjal silahkan baca dibawah sini.

– Infeksi yang serius dosisnya 5 mg/kg berat badan
– Infeksi sistemik dosisnya 3-5 mg/kg berat badan
– Infeksi saluran kemih dosisnya 160 mg

Untuk frekuensi pemberian obat gentamicin pada infeksi serius atau sistemik biasanya diberikan menjadi beberapa kali minum. Sedangkan dosis penggunaan obat tetes gentamicin bisa anda baca disini. Dan ingat obat ini memiliki kandungan 30 mg gentamicin sulfat pada setiap 10 ml.

– Infeksi mata dosisnya 1-2 tetes setiap 4 jam
– Infeksi telinga dosisnya 2-4 tetes setiap 3-4 kali sehari

Khusus untuk pengunaan pada anak sebaiknya tanyakan dulu dosis pemakaian obat antibiotik ini pada dokter.

Baca Juga: cara minum obat antibiotik ampicillin yang benar

Cara Paling Tepat Mengonsumsi Obat Gentamicin

1. Pastikan anda mematuhi semua anjuran dari dokter yang meberikan resep dan membaca keterangan pada kemasan.
2. Anda harus melakukan proses pengobatan sesuai dengan resep dokter, meski infeksinya kelihatan sudah membaik.
3. Segera temui dokter bila infeksi mata atau telinga tidak membaik setelah menggunakan obat tetes lebih dari seminggu.
4. Pemeriksaan kesehatan untuk fungsi ginjal dan pendengaran secara rutin selama dan sesudah penggunaan obat suntik gentamicin.
5. Ingat anda harus mencuci tangan dan membersihkan mata atau telinga sebelum menggunakan obat tetes dan mencuci tangan setelahnya.
6. Untuk kemasan obat tetes yang sudah tidak digunakan sebaiknya harus dibuang pada tempat yang aman walau obatnya masih tersisa.
7. Bagi para pasien yang memakai lensa kontak boleh memakai lensa kembali setelah sehari menyelesaikan dosis tetesan terakhir.
8. Bila anda lupa memakai obat tetes gentamicin sangat disarankan segera meneteskannya begitu teringat dah jangan menambah dosisnya.

Baca Juga: dosis pemakaian obat lincomycin 500 mg

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Gentamicin

Setiap obat yang dibuat oleh manusia pasti memiliki efek samping walaupun cuma sedikit, hal ini juga berlaku pada obat gentamicin. Nah dibawah sini ada beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika menggunakan obat gentamicin dalam bentuk obat tetes.

1. Rasa perih, sensasi terbakar, atau iritasi ringan pada mata atau telinga.
2. Pandangan kabur setelah ditetesi obat, efek samping ini akan segera hilang.

Selain itu obat suntik gentamicin juga berpotensi menyebabkan efek samping yang cukup untuk anda waspadai yaitu berpontensi menimbulkan kerusakan vestibular atau tuli, gangguan ginjal, serta gagal ginjal akut.

Baca Juga: efek samping obat metronidazole 500mg

Demikian kegunaan obat tetes mata gentamisin atau obat gentamicin injeksi yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua.

DISINI BROOOO!!!

Info Terkait Kumpulan Kegunaan Obat Gentamicin Beserta Dosis Dan Efek Sampingnya

DISINI BROOOO!!!
Obat genalten, genalten gentamicin sulfate, Kegunaan obat genalten cream gentamicin sulfate, kegunaan obat genalten gentamicin sulfate, manfaat salep genalten