Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Siklus Haid Tidak Teratur

Friday, July 28th 2017. | Hamil

Bagi yang membutuhkan panduan atau tips cara menghitung masa subur wanita jika haid tidak teratur dengan menggunakan sistem kalender agar cepat hamil silahkan baca disini. Kumpulan Aneka Tips Video Cara Menghitung Masa Subur Wanita Jika Haid Tidak Teratur Dengan Menggunakan Sistem Kalender Agar Cepat Hamil Atau Untuk Mencegah Kehamilan

[nextpage title=”Masa Subur” ]Menghitung masa subur wanita sangat diperlukan ketika anda menginginkan keturunan. Untuk merencanakan kehamilan anda harus memiliki catatan tentang masa haid. Sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan siklus haid, siklus ini sebetulnya merupakan rentan hari sejak hari pertama haid hingga hari pertama pada haid berikutnya. Normalnya siklus haid terjadi setiap 21-35 hari dan hari ke-1 pada siklus haid adalah hari pertama haid.

DISINI BROOOO!!!

Lalu bagaimana cara menghitung masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur, nah bila kalian salah satu orang yang mengalami siklus haid tersebut sebaiknya anda baca dulu panduan tentang cara menghitung masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur sesuaiĀ sistem kalender yang benar berikut ini. Kenapa saya katakan demikian karena dengan mengetahui masa subur, seorang wanita bisa menentukan atau merancang proses kehamilan secara matang.[/nextpage]

[nextpage title=”Perhitungan” ]Tips Cara Menghitung Masa Subur Wanita Jika Haid Tidak Teratur Dengan Menggunakan Sistem Kalender Agar Cepat Hamil Atau Untuk Mencegah Kehamilan

1. Kapan Mulainya Masa Haid

Haid di mulai pada hari pertama saat dinding rahim luntur dan berubah menjadi darah lalu keluar melalui alat kelamin. Saat masa haid sel telur di dalamnya akan berkembang di dalam ovarium. Ketika sel telur tersebut sudah matang,ovarium akan mulai melepaskan sel telur yang biasa di sebut dengan ovulasi.

2. Kapan Terjadinya Ovulasi

Ovulasi biasanya terjadi pada 12-14 hari sebelum masa hari pertama haid. Ovulasi ini terjadi tergantung pada siklus haid individu masing-masing. Jika siklus haid anda singkat misalnya 22 hari maka ovulasi terjadu hanya selang berapa hari setelah haid berakhir. Ovulasi terjadi pada semua wanita dan memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Sehingga sangat penting untuk anda tahu tentang siklus haid anda sendiri untuk memperkirakan masa ovulasi.

3. Kapan Masa Subur Anda

Masa subur pada wanita biasanya berlangsung saat terjadinya ovulasi, kurang lebih 5 hari sebelum ovulasi. Biasanya masa subur terjadi pada 12-16 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Atau setiap wanita akan mengalami masa susbur antara hari ke 10-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal ini berlaku untuk wanita yang memiliki siklus haid 28 hari dan jika anda memiliki siklus haid yang berbeda, anda dapat menghitungnya sendiri sesuai siklus haid yang anda alami guna menghitung masa subur anda sendiri. Kejadian yang sering menjadi hambatan adalah siklus haid pada wanita yang sering berubah-ubah dan berlangsung sekitar 2-7 hari. Peristiwa ini membuat ovulasi berbeda selisih sepekan atau lebih cepat bahkan lebih lambat jika dibandingkan periode sebelumnya. Padahal untuk mendapatkan kehamilan juga ditentukan dari gerakan sperma mencapai sel telur. Jika anda ingin hamil sel telur yang sudah matang harus segera di buahi dalam waktu 12-24 jam.

4. Menghitung Sendiri

Proses pembuahan sel telur yang matang oleh sperma hanya 12-24 jam saja. Hal ini membuat anda harus benar-benar memperhatikan masa subur sel telur yang ada di dalam tubuh anda. Masa subur ini bisa dihitug dari catatan dan juga analisis siklus haid kurang lebih 8 bulanan.[/nextpage]

[nextpage title=”Cara Menghitung” ]Menghitung Masa Subur Dapat Juga Dihitung Dengan Rumus Berikut Ini:

– Ingat-ingat siklus haid terpendek anda misalnya 27 hari lalu kurangi dengan angka 18 maka hasilnya 9. Angka tersebut adalah hari pertama saat anda berada di masa paling subur.
– Ingat-ingat Siklus haid terpanjang anda yaitu 30 hari lalu kurangi dengan angka 11 maka hasilnya 19. Dan 19 inlah merupakan hari terakhir ketika anda ada di masa paling subur. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan jika siklus haid anda berada di 27-30 hari maka masa subur anda berada di hari ke 9 – 19.
– Agar dapat memprediksi masa subur dengan tepat anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu:

* Suhu Basal Tubuh Meningkat
Suhu basal tubuh yaitu suhu tubuh ketika pertama kali bangun di pagi hari.Suhu basal tubuh yang normal yaitu 35,5-36,6 derajat celcius.Tapi jika suhu basal tubuh anda sedikit meningkat dari angka normal maka dapat diartikan anda sedang mengalami ovulasi 1-2 hari terakhir.

* Adanya Lendir Dari Mulut Rahim
Lendir yang keluar dapat berupa kental,basah sampai kental semi transparan. Perubahan pada lendir ini menunjukkan hormon esterogen di dalam tubuh dan juga sebagai tanda sedang ovulasi. Masa subur dapat ditandai dengan keluarnya cairan berwarna bening, licin dan juga elastis persis seperti putih telur mentah. Cairan ini yang akan melancarkan jalan sperma untuk masuk menuju tuba falopi dan bertemu sel telur.

* Nyeri Ringan Sampai Berat Pada Perut Atau Salah Satu Punggung
Ada beberapa kasus pada wanita yang merasakan nyeri ringan hingga berat ketika memasuki masa ovulasi. Rasa nyeri ini bisa dijadikan tolak ukur masa paling subur pada tubuh anda.

* Perasaan Lebih Gairah
Biasanya wanita yang memasuki masa subur akan merasa lebih bergairah dan bersemangat serta tak ada hambatan untuk bersosialisasi ketika masuk masa subur.

5. Detail Siklus Haid

Agar lebih jelas, disini saya akan memaparkan tentang apa saja yang terjadi setelah masa haid wanita dengan melihat siklus haid dari hari ke hari berikut ini:

* Hari ke 1-5
Menstruasi terjadi karena anda tidak hamil yang dikarenakan tidak adanya proses pembuahan. Kadar progesteron dan estrogen jadi lebih rendah. Suhu tubuh 35,5-36,6 derajat celcius.

* Hari ke 6-7
Hormon akan diproduksi oleh otak yang akan merangsang proses pembentukan sel telur.

* Hari ke 8 (dapat berlangsung hingga hari ke 12)
Dinding rahim akan menebal dan akan meningkatkan aliran darah yang masuk meningkat. Hal tersebut merupakan persiapan guna menerima sel telur yang sudah di buahi.

* Hari ke 10
Lendir di alat kelamin menjadi pekat dan lengket

* Hari ke 12
Lendir di alat kelamin menjadi bening, licin dan elastis yang merupakan pertanda ovulasi akan datang. Meskipun ovulasi masih berlangsung beberapa hari ke depan, hubungan seksual pada masa ini juga dapat menyebabkan kehamilan karena sperma dapat hidup 2-5 hari di dalam tubuh wanita.

* Hari ke 13
Hormon Estrogen akan meningkat dan sebelum akhirnya akan menurun.

* Hari ke 14
Hormon Estrogen akan menurun dan akan memicu produksi hormon jenis lain yang akan membuat ovarium akan melepaskans sel telur yang disebut dengan ovulasi. Sel telur akan bertahan hidup dalam 12-24 jam saja.

* Hari ke 15-22
Jika tidak ada pembuahan maka masa subur akan berakhir dan warna lendir menjadi keruh dan pekat.

* Hari ke 25-27
kadar progesteron akan menurun dan membuat lendir akan menjadi kental atau tidak diproduksi lagi. Hal ini terjadi karena tidak adanya pembuahan.

* Hari ke 28
Kadar hormon estrogen dan progesteron akan menurun karena tidak adanya proses pembuahan dan karena kadar hormon yang terus menurun membuat menstruasi akan terjadi keesokan harinya.

Demikian informasi tentang cara menghitung masa subur wanita agar tidak hamil setelah haid yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua. Akhir kata semoga panduan cara menghitung masa subur wanita ini dapat membantu anda untu segera memiliki buah hati atau menunda kehamilan serta jangan lupa baca juga pedoman hamil lainnya seperti cara alami meningkatkan kesuburan pria dan wanita, cara memutihkan daerah kewanitaan yang menghitam atau pantangan ibu hamil muda agar tidak keguguran yang aman dan mudah untuk dilakukan.[/nextpage]

DISINI BROOOO!!!

Info Terkait Kumpulan Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Siklus Haid Tidak Teratur

DISINI BROOOO!!!
cara mengetahui masa subur agar cepat hamil, cara mengetahui masa subur dan tidak subur, cara mengetahui masa subur dengan mudah, cara mengetahui masa subur haid tidak teratur, cara mengetahui masa subur jika haid tidak teratur, cara mengetahui masa subur lelaki, cara mengetahui masa subur pria, cara mengetahui masa subur setelah berhenti kb, cara mengetahui masa subur wanita, cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil, cara mengetahui masa subur wanita agar tidak hamil, cara mengetahui masa subur wanita dan pria, cara mengetahui masa subur wanita haid tidak teratur, cara mengetahui masa subur wanita menurut kalender, cara mengetahui masa subur wanita secara alami, cara mengetahui masa subur wanita sistem kalender, cara mengetahui masa subur wanita yang tidak teratur, cara menghitung masa subur, cara menghitung masa subur agar cepat hamil, cara menghitung masa subur agar tidak hamil, cara menghitung masa subur haid tidak teratur, cara menghitung masa subur online, cara menghitung masa subur pdf, cara menghitung masa subur perempuan, cara menghitung masa subur pria, cara menghitung masa subur sebelum haid, cara menghitung masa subur siklus haid 35 hari, cara menghitung masa subur wanita, cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil, cara menghitung masa subur wanita agar tidak hamil, cara menghitung masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur, cara menghitung masa subur wanita jika haid tidak teratur, cara menghitung masa subur wanita online, cara menghitung masa subur wanita setelah haid, cara menghitung masa subur wanita sistem kalender, cara menghitung masa subur yang akurat, tips menghitung masa subur agar cepat hamil, tips menghitung masa subur pada wanita, tips menghitung masa subur setelah haid, tips menghitung masa subur wanita,